Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaRegionalBanyumasSandiaga Harap Desa Wisata Cikakak Dikenal Hingga Tingkat Internasional

Sandiaga Harap Desa Wisata Cikakak Dikenal Hingga Tingkat Internasional

fokusbanyumas.id, Banyumas – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (13/10/2021). Desa Cikakak merupakan satu dari 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Sandi menyebut desa tersebut mirip dengan Desa Sangeh di Badung, Provinsi Bali. Keduanya serupa karena memiliki ratusan kera ekor panjang yang hidup di sekitar objek wisata religi setempat.

“Kalau ada Sangeh di Bali, di sini juga ada fenomena yang sama. Saya sudah mencatatnya bagaimana penanganan ke depan desa ini,” kata Sandi, di sela penandatanganan prasasti desa wisata di komplek wisata religi Masjid Saka Tunggal, Desa Cikakak.

Sandi mengatakan, desa ini memiliki atraksi wisata yang cukup unik yaitu festival tahunan Rewandha Bojana. Festival Rewanda Bojana merupakan kirab gunungan yang terbuat dari buah-buahan untuk memberi makan kera liar. Selain itu juga ada wisata sejarah yaitu Masjid Saka Tunggal.

Dia kagum dengan tempat ibadah yang dibangun tahun 1288 itu. Dengan demikian, masjid ini menjadi salah satu tempat ibadah tertua di Indonesia.

Dia berharap, desa tersebut dapat bertransformasi menjadi destinasi yang dikenal hingga tingkat internasional. Sandi juga meminta pemerintah setempat untuk mengembangkan batik lokal yang sudah dirintis, sehingga dapat menjadi oleh-oleh khas kepada wisatawan.

“Kami akan datangkan khusus tim yang akan memetakan produk-produk kuliner di Desa Cikakak agar bisa dijual ke pasar internasional,” tegasnya. (F13)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini