Rabu, Desember 1, 2021
BerandaNasionalKebijakanPemerintah Siapkan Aturan Jelang Libur Panjang Akhir tahun

Pemerintah Siapkan Aturan Jelang Libur Panjang Akhir tahun

fokusbanyumas.id, Nasional – Pemerintah siapkan aturan pengetatan menjelang libur akhir tahun natal dan tahun baru (nataru). Libur panjang dinilai memicu peningkatan mobilitas masyarakat sehingg berpotensi terjadi penyebaran virus corona (Covid-19).

Pemerintah akan melakukan survei prevalensi serologi untuk mengetahui tingkat kekebalan masyarakat Indonesia. Selain itu, pemerintah juga akan mendorong analisis dari penggunaan platform PeduliLindungi. Hal itu untuk mengetahui efektifitas skrining yang dilakukan di ruang publik.

“Hasil ini dapat menjadi dasar pengendalian ke depan khususnya pada periode kritis libur natal dan tahun baru,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Kamis (21/10/2021).

Pemerintah juga melakukan pengetatan metode testing dalam pelaku perjalanan domestik. Bagi pelaku perjalanan domestik menggunakan peswata di wilayah Jawa, Bali, dan wilayah PPKM level 3 harus menggunakan tes PCR.

Hal itu juga dilakukan untuk meningkatkan kapastias penumpang pesawat bisa mencapai 100%. Kebijakan tersebut meruapkan bagian dari uji coba pelonggaran mobilitas.

“Sehingga potensi orang terinfeksi untuk lolos deteksi dan menulari orang lain dalam setting kapasitas yang padat dapat diminimalisir,” ujar WIku. (F13)*

 

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini