Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaRegionalBanyumasBupati : "Tidak Ada Karantina Bagi Warga Banyumas yang Mudik!"

Bupati : “Tidak Ada Karantina Bagi Warga Banyumas yang Mudik!”

fokusbanyumas.id, Banyumas – Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein menegaskan tidak akan menyediakan tempat karantina bagi warga Banyumas yang mudik lebaran tahun ini. Pernyataan Bupati tersebut disampaikan saat menerima kunjungan tim fokusbanyumas.id, Selasa (6/4/2021) lalu.

Menurutnya, biaya operasional yang dibutuhkan untuk karantina cukup tinggi. Namun demikian Pemkab Banyumas akan mengambil langkah strategis guna mengontrol kondisi warga yang baru mudik dari luar kota.

“Pemkab tidak akan mendirikan pos karantina seperti tahun sebelumnya. Tingginya biaya operasional menjadi alasan utama. Untuk mengontrol warga yang baru mudik, kami akan optimalkan peran RT atau Dasawisma. Warga yang baru mudik harus bebas dari COVID-19, ini dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat Antigen di hari yang sama. Sertifikat antigen hanya berlaku satu hari, ” jelas Husein.

Dirinya mengatakan, Pemkab Banyumas tidak menutup mata terkait keluhan warga yang masih menganggap mahalnya biaya untuk tes antigen. Saat ini pihaknya sedang mengajukan 23.000 antigen kepada DPR RI Komisi 8. Kalau ini disetujui, masayarakat Banyumas akan mendapatkan tes antigen secara gratis.

“Selain mengajukan antigen ke DPR Pusat, kami juga akan mengajukan kepada DPRD Banyumas untuk mensubsidi biaya tes antigen bagi warga Banyumas yang baru mudik. Teknisnya nanti kami bekerja sama dengan Puskesmas dan Klinik yang ada di Kabupaten Banyumas,” terang Husein.

Dengan adanya subsidi biaya tes antigen, kata Husein, akan meringankan beban warga yang ingin melakukan tes tersebut. Masayarakat Banyumas juga harus tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), dispilin pakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. (F14)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini