Jumat, Oktober 22, 2021

RW Tandingan

[Juguran Banyumasan]

KANG Hisam masih mangkel terhadap keputusan rapat pemilihan Ketua RW semalam di RT 9 RW 1, tepatnya di rumah Pak Darno yang tak memilihnya menjadi Ketua RW, kurang apa pengalamannya di wilayah itu.

Dua periode menjadi Ketua RT malah sekarang menjabat anggota LKMD, kok bisa ya Kang Hisam nggak kepilih. Apa yang kurang dan salah? sampai RT 9 tempat bermukim dan mengabdikannya menjadi Ketua RT, warganya malah memilih Kang Matup yang kurang pengalaman dan cuma jadi seksi Kesra dan Keagamaan.

Tapi Kang Hisam tak merasa dirinya tak disukai oleh warga, ide cemerlangnya muncul. Dikepalanya sudah tersusun gagasan membikin RW Tandingan sebagai bentuk perlawanan pada tndakan semena-mena dan rekayasa yang diakukan panitia pemilihan RW.

Lho kok nekad, Kang Hisam mengendus ada intervensi pihak ketiga yang ikut bermain dalam pemilihan Ketua RW, ya namanya saja usaha dan orang kalah biasanya banyak akal dan alasannya. Seolah menutupi kekalahan dan rasa malu dirinya dan para pendukungnya.

Kang Hisam masih percaya diri tetapi kepercayaan diri tidak cukup. Zaman sudah berubah nafsu alias syahwat berkuasa masih hebat juga. Ngapain usianya nyaris berkepala 7 alias mendekati 70 th. Kaya nggak ada kerjaan, tinggal duduk manis membimbing yunior-yunionya mengabdi desa.

Meminta jabatan adalah perbuatan yang kurang baik, karena di dalam diri seseorang ada niat yang tak lurus dan tulus. Ada segumpal keinginan tertentu dan sangat berbahaya kelak jika berkuasa, karena akal dan kepribadian akan menjadi sempit dan emosional manakala kebijakannya tak didengar warganya.

Meminta jabatan menyalahi tradidi ketimuran, orang timur dengan anggah ungguhnya yang kental sarat niai-nila budi pekerti senantiasa pasrah tidak neko-neko.

Kang Hisam, sudahlah jangan membikin RW Tandingan apalagi bikin Rapat Ulang. Untuk apa?, namamu malah makin hilang di mata masyarakat. Usiamu sudah mulai uzur, menjadi Begawan atau Resi jauh lebih terhormat kenapa sampean masih bernafsu menjadi Ketua RW 1.

Kang Hisam… Kang Hisam contohlah Kang Basri meski sudah dipilih tak mau memangku jabatan itu, ia lebih baik memilih mundur memberikan kesempatan pada Kang Maktub yang lebih mumpuni keilmuan, organisasi dan pengalamannya.

Kang ..Kang..Kang mandheg. Meneng lewih apik tinimbang plotat-plotot sepanjang gang membuat pernyataan-pernyataan yang justru akan menambah keretakan umatnya.

Karangnangka, 8 Agustus 2020

**

Kang Mul

Lahir dan dibesarkan di Banyumas. Tinggal di Desa Karangnangka RT02 RW03 Kecamatan Kedungbanteng Banyumas. Menulis berita, artikel, puisi atau essai yang telah dimuat diberbagai majalah, tabloid, surat kabar, buletin cetak/online di tanah air.

Kesibukan sehari hari menjadi tukang bibit tanaman buah buah dan owner Kang Mul Nursery Kranggan dan Karangnangka.

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini