Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNasionalEkonomiPengelola Pusat Perbelanjaan dan Mal Yang Langgar SOP Bakal Kena Sanksi

Pengelola Pusat Perbelanjaan dan Mal Yang Langgar SOP Bakal Kena Sanksi

fokusbanyumas.id, Nasional – Pemerintah melakukan uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan secara bertahap selama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pembatasan jam operasional sampai dengan pukul 17.00 waktu setempat dan pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 25 persen dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

Penggunaan aplikasi dan sertifikat vaksin sebagai syarat memasuki pusat perbelanjaan dan mal. Selain itu pihak pusat perbelanjaan dan mal juga harus menerapkan ketentuan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengatakan, ke depan, pusat perbelanjaan dan mal dapat menambahkan ketentuan protokol kesehatan.

Hal tersebut dapat dilakukan jika memang dianggap perlu dan tidak mengurangi ataupun lebih rendah dari Panduan Dasar Protokol Kesehatan yang sudah ada, ujar Oke, Selasa (10/8/2021).

Pengelola pusat perbelanjaan dan mal wajib bertanggung jawab penuh menjalankan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) secara optimal dengan pengawasan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, dan Pemerintah Daerah.

Apabila terbukti ada pelanggaran atau ketidaksesuaian dalam menjalankan SOP yang berlaku, pengelola pusat perbelanjaan terkait akan langsung dikenai sanksi penutupan sementara, jelas Oke.

Kementerian Perdagangan akan terus memantau kebijakan SOP baru.

Kebijakan SOP baru akan ditinjau setiap minggunya dengan melihat kondisi perkembangan kasus Covid-19, pungkas Oke. (F13)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini