Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaRegionalBanyumasKemensos dan DPR RI Cium Ketidakberesan Pengadaan Daging Sapi Impor Suplai BPNT...

Kemensos dan DPR RI Cium Ketidakberesan Pengadaan Daging Sapi Impor Suplai BPNT di Banyumas

fokusbanyumas.id, Banyumas – Sudah hampir setahun program bantuan pangan non tunai (BPNT) digulirkan pemerintah pusat. Selama itu juga keluarga penerima manfaat (KPM) di Banyumas selalu menerima protein hewani berupa daging sapi seberat 400-500 gram.

Padahal, berdasarkan pedoman umum (Pedum) Sumber protein hewani dapat berupa telur, daging sapi, ayam, ikan. Selain itu, harga yang diberikan berkisar Rp 120.000,- per kilogramnya menjadi catatan bagi Komisi VIII DPR RI yang malam ini (10/4/2021) tengah melaksanakan Kunjungan Kerja Reses Masa Reses Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 bersama Kementerian Sosial RI di Kabupaten Banyumas.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Wastam melihat ada ketidakberesan dari proses suplai BPNT di Banyumas terutama pengadaan protein hewani yang berupa daging sapi impor. Dia berdasar dari jenis dan harga yang dirasa tidak wajar.

DPR RI dan Kemensos RI awasi bantuan DPKS dan BPNT ini dengan ketat setelah lebaran. Betul apa yang tadi disampaikan Pak Bupati (harus tidak ada monopoli_red). Ini sebuah permasalahan, ada seperti hal itu terjadi (monopoli_red), jelas Wastam kepada wartawan.

Lebih lanjut, Wastam menekankan ketidakberesan juga terlihat dari sisi harga yang dipatok suplier daging sapi impor penyuplai BPNT di Banyumas, yakni Rp 120.000,- per kilogramnya. Menurutnya itu sangat tidak wajar, karena harga daging sapi impor di pasaran hanya berkisar Rp 55.000,- hingga Rp 65.000,- per kilogramnya.

Kalau untuk daging sapi lokal nggak apa-apa, itu wajar. Tapi ini kan daging sapi impor yang harganya hanya sekitar RP 55.000,- hingga Rp 65.000,- per kilogramnya. Kalau ambil untung Rp 5.000,- itu wajar, lah ini masa ambil untung 100 persen, tandas Wastam. (F15)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini