Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaUMKMPentingnya UMKM Menyiapkan Risiko 'Cyber Crime'

Pentingnya UMKM Menyiapkan Risiko ‘Cyber Crime’

fokusbanyumas.id, UMKM – Effan Audi Khalif, siswa kelas XII SMA Jakarta Intercultural School merefleksikan permasalahan UMKM untuk bertahan di tengah pandemic lewat buku berjudul Digital Enterpreneurship, Berwirausaha Digital Di Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal. Dia Mewanti-wanti UMKM untuk membuat usahanya dengan memanfaatkan platform digital.

Dalam perkembangan digital, Audi menyoroti akan risiko cyber crime dimana kejahatan digital bisa saja meningkat. Untuk itu diperlukan perlindungan data pribadi serta pembayaran yang lebih kokoh untuk menjamin transaksi antara penjual dan pembeli aman.

Dia juga mengingatkan hak dan kewajiban konsumen harus dipastikan. Para pengusaha harus bertanggung jawab atas data pribadi konsumen.

Begitu juga perlindungan bagi pelaku usaha di digital marketing, dimana transaksi harus bisa aman karena bisa ada penipuan saat pembayaran.

Buku karya Effan Audi Khalif, siswa kelas XI di SMA Jakarta Intercultural School dengan judul Digital Entrepreneurship, Berwirausaha Digital di Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal dalam dua Bahasa: Indonesia dan Inggris.

Menurut Audi, faktor penerapan kesehatan juga penting bagi pelaku usaha. Bisnis juga dapat berjalan lancar jika para pelaku usahanya juga mempedulikan Kesehatan mereka masing-masing.

Menurutnya, sinergi paling ampuh selama pandemi adalah platform media sosial untuk dua bidang tersebut.

Data Kementrian Koperasi dan UKM menemukan bahwa hanya 13 persen UMKM saja yang dengan baik memanfaatkan ekosistem digital. Untuk itu Audi mengharapkan pelaku UMKM untuk migrasi ke arah digital. (F13)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini