Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaRegionalBanyumasMulai Beroperasi, Bupati Banyumas Harapkan KA Baturraden Ekspres Bisa Genjot Sektor Wisata

Mulai Beroperasi, Bupati Banyumas Harapkan KA Baturraden Ekspres Bisa Genjot Sektor Wisata

fokusbanyumas.id, Banyumas – KA Baturraden Ekspres resmi beroperasi mulai hari ini. Peresmian perjalanan perdana KA Baturraden Ekspres itu ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Dirut PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, Bupati Banyumas Achmad Husein, dan Komisaris PT KAI (Persero) Cris Kuntadi.

“KA Baturraden Ekspres yang kami luncurkan hari ini, Jumat, tanggal 25 Juni 2021, ini merupakan komitmen Kereta Api untuk terus membangkitkan transportasi yang sehat,” katanya usai meresmikan perjalanan perdana KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP di Stasiun Purwokerto pada Jumat (25/6/2021).

Terkait dengan dipilihnya jurusan Purwokerto-Cikampek-Bandung, dia mengatakan hal itu dilakukan PT KAI (Persero) untuk menghubungkan dua daerah tujuan wisata yang diharapkan menjadi salah satu mesin pertumbuhan ke depan.

Dalam hal ini, kata dia, Baturraden merupakan satu ikon pariwisata yang ada di Banyumas.

“Sejak saya kecil dulu, Baturraden itu sudah legend ya. Nah, kita hubungkan ini agar bangkitan penumpang di sini bisa tumbuh, membengkakan ekonomi. Namun di masa pandemi tetap protokol kesehatan menjadi yang utama,” kata Didiek.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengucapkan terima kasih kepada PT KAI (Persero) atas dioperasikannya KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP.

Menurut Husein, hadirnya KA Baturraden Ekspres gayung bersambut dengan harapan Pemerintah Kabupaten Banyumas. Hal itu saat sekarang sudah terealisasi dengan hadirnya KA Baturraden Ekspres yang melewati Cirebon serta KA Kamandaka tujuan Semarang.

“Dari dulu kita minta (KA yang melayani rute) Purwokerto-Cirebon itu ada, Purwokerto-Semarang itu ada,” katanya.

Baca juga: KA Baturraden Ekspres Relasi Purwokerto – Bandung PP

Kendati masih dalam suasana pandemi COVID-19, dia mengatakan pihaknya masih mempunyai harapan pariwisata ke depan akan menjadi bagus.

“Mudah-mudahan pandemi bisa cepat reda, kemudian pariwisata bisa kita genjot, sehingga mata pencaharian itu mudah, dapat dicari. Terima kasih banyak kepada PT KAI,” katanya.

Bupati juga mengharapkan pemerintah dapat segera mereaktivasi jalur kereta yang menghubungkan Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo.

Ia mengatakan jika jalur tersebut bisa direaktivasi khususnya untuk rute Purwokerto-Purbalingga dapat mempercepat mobilitas masyarakat dari Purwokerto menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga dan sebaliknya dengan menggunakan kereta api.

“Terus dari bandara ke Wonosobo. Itu harapan agar jalan kereta api yang sudah ada, bisa direaktivasi,” katanya menegaskan.

Hadirnya KA Baturraden Ekspres dapat menjadi pilihan bagi pelanggan setia Kereta Api dari Purwokerto menuju Bandung dan sebaliknya yang selama ini hanya dilayani KA Serayu jurusan Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP.

Namuni demikian, KA Baturraden Ekspres yang terdiri atas dua kelas layanan, yakni kelas eksekutif dengan tarif Rp160.000 dan kelas bisnis dengan tarif Rp130.000, untuk sementara dijalankan pada tanggal 25 Juni, 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli 2021. (F13)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini