Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaHumanioraEdukasiHari Keadilan Internasional Sedunia 2021: Sejarah, Signifikansi dan Fakta

Hari Keadilan Internasional Sedunia 2021: Sejarah, Signifikansi dan Fakta

fokusbanyumas.id, Edukasi – Hari Keadilan Internasional Sedunia diperingati pada tanggal 17 Juli setiap tahun untuk mengakui penguatan sistem peradilan internasional.

Hari Keadilan Internasional Sedunia, menandai pentingnya membawa keadilan bagi para korban kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan genosida.

Hari ini juga dikenal sebagai Hari Keadilan Pidana Internasional atau International Justice Day. Hari menyatukan semua orang yang ingin mendukung keadilan, mempromosikan hak-hak para korban, juga membantu dalam mencegah kejahatan yang mengancam perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan dunia.

Sejarah

17 Juli diperingati sebagai Hari Keadilan Internasional Sedunia karena hari ini adalah hari peringatan diadopsinya Statuta Roma pada tahun 1998. Dengan bantuan perjanjian ini, Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court – ICC) didirikan. Pada tahun 1998 sejak hari itu, sekitar 139 negara telah menandatangani perjanjian Mahkamah dan hampir 80 Negara, perwakilan dari setiap wilayah di dunia, telah meratifikasinya.

Apa itu Mahkamah Pidana Internasional (ICC)?

Ini adalah lembaga peradilan internasional pertama yang permanen dan independen yang mampu mengadili individu yang dituduh melakukan pelanggaran paling serius terhadap kemanusiaan internasional dan hak asasi manusia yang meliputi kejahatan genosida, perang kejahatan, dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) muncul ketika beberapa negara mengadopsi undang-undang di Roma. Patung ini dikenal sebagai Statuta Roma dari Pengadilan Kriminal Internasional. Biarkan kami memberitahu Anda bahwa ICC tidak menggantikan pengadilan nasional tetapi tersedia ketika suatu negara tidak dapat atau tidak akan melakukan penyelidikan dan mengadili para pelaku.

Mengapa Hari Keadilan Internasional Diperingati?

Hari ini diperingati karena perlu menyadarkan dan menyatukan masyarakat untuk mendukung keadilan dan juga untuk memajukan hak-hak para korban. Hari ini juga menarik orang di seluruh dunia untuk memperhatikan masalah serius. Ini juga melindungi orang dari beberapa kejahatan dan juga memperingatkan orang-orang yang mempengaruhi perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan bangsa yang terancam.

Perayaan

Berbagai acara di seluruh dunia diselenggarakan untuk mempromosikan hari ini dan juga untuk mendukung Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Hari ini juga dipromosikan oleh berbagai saluran berita, surat kabar, dan radio. Beberapa kelompok organisasi membuat orang memperhatikan beberapa isu tertentu seperti kekerasan terhadap perempuan, genosida, dll.

Maka, Hari Keadilan Internasional Sedunia diperingati pada tanggal 17 Juli setiap tahun untuk menandai pentingnya Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dan agar masyarakat memperhatikan kejahatan berat yang terjadi di seluruh dunia. (F12)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini