Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaHumanioraEdukasiHari Bebas Kantong Plastik Internasional

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

fokusbanyumas.id, Edukasi – Sebagian besar dari kita menggunakannya setiap hari, kantong plastik tipis digunakan oleh hampir setiap pengecer yang kita kunjungi. Baik kami berbelanja bahan makanan atau Prada terbaru, Anda hampir dapat menjamin bahwa Anda akan meninggalkan toko dengan kantong plastik yang diisi dengan barang-barang baru Anda.

Kemudian, ketika Anda tiba di rumah, Anda akan segera melepasnya seperti anak kecil yang membuka hadiah Natal, membuang bungkusnya tanpa berpikir panjang. Pernahkah Anda berhenti untuk mempertimbangkan apa yang terjadi pada kantong plastik itu? Pernahkah terpikir oleh Anda berapa banyak dari mereka yang kita lalui, secara individu, dalam setahun?

Pelajari tentang Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

Polusi plastik adalah bencana global dan sayangnya itu adalah buatan manusia. Tahukah Anda bahwa sekitar 500 miliar kantong plastik digunakan dalam skala global? Pikirkan saja berapa banyak dari tas-tas ini yang akan berakhir berserakan di seluruh planet ini. Ini memiliki efek yang sangat merugikan pada lingkungan, satwa liar dan bahkan kesehatan manusia.

Ekosistem laut khususnya sangat menderita akibat polusi plastik. 31 spesies mamalia laut diketahui telah menelan plastik laut sementara lebih dari 100 spesies burung laut telah menelan artefak plastik. Lebih dari 250 spesies telah terjerat dalam plastik, sementara tingkat keterjeratan sekitar delapan persen telah ditemukan di beberapa spesies singa laut dan anjing laut.

Pencemaran ini juga sangat berbahaya karena mengarah pada pengangkutan spesies invasif, yang dapat memiliki pengaruh bencana pada keanekaragaman hayati. Kami juga tidak kebal dari dampaknya. Partikel plastik di laut menarik racun, yang pada gilirannya mempengaruhi kita, saat racun memasuki rantai makanan.

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang ini dan masalah yang sangat nyata dan mendesak yang ditimbulkan oleh perangkat pembawa sekali pakai yang paling populer ini. Kami diingatkan bahwa tas yang kami ambil dari pengecer digunakan untuk waktu yang sangat singkat, biasanya di bawah 25 menit, dan kemudian dibuang.

Mereka mungkin keluar dari pemikiran kita saat itu, tetapi mereka tidak keluar dari dunia kita. Kantong plastik tetap ada di dunia selama 100-500 tahun sebelum akhirnya membusuk sepenuhnya, dan sebagai hasilnya berdampak besar pada lingkungan kita.

Di ujung lautan yang luas terdapat terumbu karang besar yang terbuat dari semua jenis sampah plastik, dan kantong plastik sangat berperan di antara mereka. Begitu besarnya masalah sehingga pulau-pulau terapung yang besar ini mencapai ratusan mil, seperti monumen besar untuk pemborosan umat manusia, dan mengabaikan dunia tempat kita hidup. Hari Bebas Kantong Plastik Internasional memberi kita kesempatan untuk mengingatkan diri kita sendiri, dan orang lain, bahwa setiap tindakan yang kita ambil, dan setiap kantong yang kita buang, berdampak pada kehidupan setiap orang di dunia untuk generasi mendatang.

Sejarah Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional diciptakan oleh Bag Free World. Ini dibuat sebagai inisiatif di seluruh dunia untuk tujuan menyingkirkan kantong plastik sekali pakai di seluruh dunia. Ini semua tentang mempromosikan pelestarian lingkungan dengan mendorong kita semua untuk menjauhi penggunaan kantong plastik dan sebagai gantinya mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Jika kita bisa melakukannya pada satu tanggal ini, maka kita bisa melakukannya untuk sisa tahun ini, bukan? Hari itu juga penting dalam hal meningkatkan kesadaran akan bahaya dan bahaya yang terkait dengan kantong plastik dalam hal dampaknya terhadap kehidupan laut, kehidupan hewan, dan alam. Jadi, ada baiknya untuk berbagi kesadaran dan menggunakan suara Anda pada tanggal ini.

Cara merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

Ada banyak cara yang baik untuk merayakannya, dan yang paling mudah membutuhkan resolusi sederhana dari Anda. Sekalipun hanya untuk satu hari, pilihlah kertas daripada plastik, atau lebih baik bawa tas Anda sendiri ke pengecer untuk mengambil barang Anda. Beberapa toko bahkan menawarkan diskon atau fasilitas lain untuk pelanggan yang membawa sendiri! Jika Anda memiliki toko sendiri, mulailah program untuk mendorong pelanggan Anda membawa wadah mereka sendiri yang dapat digunakan kembali dan berhenti menawarkan kantong plastik sebagai pilihan.

Jika Anda ingin menjadi lebih proaktif, Anda dapat mengunjungi http://www.plasticbagfreeday.org/ untuk membantu mengatur acara, berjejaring dengan orang lain di wilayah Anda dan di seluruh dunia yang berusaha membuat perbedaan, atau mencari sebuah acara untuk menjadi sukarelawan dan membantu diri Anda sendiri! Ada juga pilihan untuk bercerita tentang hari bebas kantong plastik kepada sesama orang bebas kantong plastik!

Di antara kegiatan yang paling populer untuk Hari Bebas Kantong Plastik Internasional adalah pertemuan sederhana orang-orang yang berjalan di jalan raya, pantai, dan sungai dan memungut semua sampah yang mereka temukan di sana. Jumlah yang mengganggu

Setiap hari jutaan kantong plastik dibuang, dan tanpa keterlibatan orang-orang aktif seperti Anda, masa depan akan berurusan dengan ratusan juta pon kantong plastik yang menyumbat lautan, sungai, dan dunia pada umumnya. Masalahnya telah mencapai proporsi sedemikian rupa sehingga apa yang dulunya pasir bersih di pantai-pantai dunia sekarang ditemukan terbuat dari komposit bahan-bahan alami dan sampah plastik.

Ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional. Salah satu pilihannya adalah membuat tas sendiri. Jika Anda melihat secara online, Anda akan melihat bahwa ada banyak instruksi dan ide kerajinan yang berbeda untuk membuat tas Anda sendiri.

Ini tidak hanya memastikan Anda mengurangi penggunaan plastik, tetapi Anda juga dapat membuat tas unik yang tidak dimiliki orang lain. Ini adalah cara sempurna untuk memamerkan gaya dan kepribadian Anda. Anda juga akan merasa bangga karena membawa tas yang Anda buat sendiri.

Ada langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil untuk menghormati tanggal penting ini. Ini termasuk melangkah lebih jauh dan mendaur ulang semua plastik yang Anda miliki di rumah dan kantor Anda. Jangan hanya fokus pada kantong plastik. Anda juga dapat menyumbangkan uang atau waktu Anda di organisasi lingkungan atau amal yang berfokus pada pembersihan daratan dan air dari kantong plastik. Ada banyak kelompok hebat di luar sana yang melakukan pekerjaan luar biasa, tetapi mereka membutuhkan bantuan, dan kami yakin mereka akan sangat menghargai segala jenis bantuan yang dapat Anda berikan kepada mereka. #PlasticBagFreeDay (F12)

 

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini