Rabu, Desember 1, 2021
BerandaOpiniURIP KUWE GETAS

URIP KUWE GETAS

fokusbanyumas.id, OpiniSalah satu doa yang selalu diberikan dan dipanjatkan pada saat ulang tahun adalah didoakan umur panjang. Disamping sehat ,murah rejeki,bermanfaat ,berkah dan lainnya lainnya.

Urip kue getas ,atau hidup itu rapuh Sebuah pititur leluhur Jawa yang sering diucapkan masyarakat kampung .Karena tidak tahu berapa lama umur kita hidup didunia .Yang tahu hanyalah Sang Maha Pencipta Allah SWT.

Sewaktu waktu kita akan dipanggil kembali kepangkuan-Nya menghadap Sang Illahi Robbi entah masih bayi, anak-anak, remaja, dewasa, orang tua atau telah usia lanjut .

Secara umum umur adalah jumlah waktu kita hidup di dunia ini.Ada manusia yang diberikan amanah umur pendek dan panjang. Misalnya ada yang wafat umur 21 ada pula yang diberikan umur 85 tahun.

Sedangkan secara khusus umur adalah jumlah manfaat selama hidup di dunia .Ada manusia yang diberikan umur 40 tahun tetapi jasa jasa nya tetap dikenang ratusan tahun bahkan ribuan sesudahnya.

Sesungguhnya hidup manusia bukan dihitung berdasarkan pendek atau panjangnya umur .Akan tetapi akan dihitung berdasarkan manfaat pada saat hidup.

Apakah hidup kita memberikan manfaat kebaikan ataukah keburukan kepada sesama manusia selama hidupnya.

Apa artinya diberikan umur panjang tetapi tidak memberikan manfaat sama sekali Selalu menuruti hawa nafsunya hanya mempertontonkan kesombongan, kerusakan, kedzaliman dan perbuatan perbuatan lainnya yang melanggar nilai nilai agama.

Sebaliknya ada yang diberikan umur pendek akan tetapi setiap jengkal waktunya sibuk mendekatkan diri kepada-Nya dan memberikan manfaat sebesar- sebesarnya dan sebaik baiknya bagi sesama.

Hal itu selaras dengan pesan yang disampaikan Ulama Ibnu Atha’illah al-Iskandari : “Tidak sedikit umur yang panjang, namun kurang manfaat.Tidak sedikit pula umur yang pendek, namun penuh manfaat”.

Karangnangka, 2 Nopember 2021

**

 

Kang Mul

Lahir dan dibesarkan di Banyumas. Tinggal di Desa Karangnangka RT02 RW03 Kecamatan Kedungbanteng Banyumas. Menulis berita, artikel, puisi atau essai yang telah dimuat diberbagai majalah, tabloid, surat kabar, buletin cetak/online di tanah air.

Kesibukan sehari hari menjadi tukang bibit tanaman buah buah dan owner Kang Mul Nursery, Kranggan dan Karangnangka.

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini