Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaHumanioraEdukasiMahasiswa UAD Sukseskan PHBS Sejak Dini di SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja...

Mahasiswa UAD Sukseskan PHBS Sejak Dini di SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja Purbalingga

fokusbanyumas.id, Edukasi – SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja, Kec. Bukateja, Kab. Purbalingga menjadi salah satu sekolah yang menjadi sasaran dilaksanakannya kegiatan program Kampus Mengajar Angkatan 2 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 dilaksanakan sebagai upaya untuk membantu sekolah, khusunya dalam adaptasi teknologi, urusan administasi sekolah maupun guru, dan transfer ilmu pengetahun. Di SD Negeri 1 Karangnangka, terdapat enam bahasiswa yang berasal dari Universitas yang berbeda.

Dua diantaranya berasal dari Purbalingga dan merupakan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyarakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Matematika, Annisa Aolia Rahmah dengan DPL Yunda Maymanah Rahmadewi dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Qotri Wuquinnajah dengan DPL Liena Sofiana.

Sabtu, 27 November 2021, Annisa dan Qotri turut membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan administrasi sekolah yaitu Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh siswa SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja. PHBS sendiri merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar turut andil melakukan pola hidup sehat agar dapat menciptakan sekolah sehat.

Adapun manfaat dilaksanakannya kegiatan PHBS di sekolah sendiri yaitu mampu meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan yang bersih dan sehat sehingga menciptakan proses belajar mengajar yang nyaman.

Oleh karenanya, di tengah keterbatasan pemberlakuan pembelajaran tatap muka di sekolah dikarenakan pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga tahun 2021 ini, pentingnya menjaga pola hidup sehat harus selalu digalakkan kepada seluruh masyarakat, khususnya seluruh warga sekolah SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja.

Dalam kegiatan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat tersebut, keduanya turut mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan kepada siswa. Pelaksanaan praktik pembiasaan hidup bersih dan sehat dimulai dari kegiatan mencuci tangan. Keduanya mengajarkan siswa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, sesudah ke toilet, sesudah bermain atau berkerumun, dan sesudah menyentuh hewan.

Selain itu, siswa juga diajarkan dan didampingi enam langkah mencuci tangan yang benar. Untuk memudahkan siswa agar dapat mengingat langkah demi langkah, keduanya juga menggunakan lagu yang mudah untuk diikuti oleh siswa. Teknik lagu ini cukup membantu siswa dalam menghafal langkah demi langkah dan membangkitkan rasa antusias siswa ketika mengikuti arahan yang diberikan.

“Tujuan dari diterapkannya pembiasaan hidup bersih dan sehat melalui kegiatan mencuci tangan ialah melindungi diri para siswa dari berbagai macam penyakit dan mencegah penyebaran bakteri dan virus ke orang lain melalui tangan, khususnya dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia sekarang ini” Ujar Qotri.

Mencuci tangan menjadi kegiatan penting yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang. Dengan melibatkan dan mengajak siswa SD Negeri 1 Karangnangka Bukateja menerapkan kegiatan cuci tangan, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini