Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaRegionalBanjarnegaraKorban Bencana di Banjarnegara Terima Bantuan untuk Rehab Rumah

Korban Bencana di Banjarnegara Terima Bantuan untuk Rehab Rumah

fokusbanyumas.id, Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara memberikan bantuan sosial berupa stimulan pembangunan dan perbaikan rumah bagi korban bencana. Bantuan diserahkan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, di Pendapa Dipayuda Adigraha, Jumat (25/6/2021).

Kalakhar BPBD Kabupaten Banjarnegara, Aris Sudaryanto S.Pd, MM, mengatakan, bantuan sosial berupa bantuan stimulan pembangunan atau perbaikan rumah bagi korban bencana bertujuan untuk mendukung kelangsungan hidup warga agar dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.

Adapun sasaran penerima bantuan adalah masyarakat terdampak  bencana di 19 Desa pada 10 kecamatan, meliputi : Kecamatan Susukan  2 desa Kecamatan Mandiraja 1 desa, Kecamatan Purwanegara 2 desa, Kecamatan Pegedongan 2 desa, Kecamatan Banjarmangu 1 desa, Punggelan 3 desa, Pejawaran 1 desa, Pagentan 2 desa, Wanayasa  2  desa. dan Kecamatan Pandanarum 3 desa.

“Sumber anggaran berasal dari Bansos Tahun 2021, APBD Kabupaten pada Kegiatan Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana dengan Sub Kegiatan Penanganan Pascabencana senilai Rp.399 juta,” kata Aris.

Rinciannya meliputi :
Bantuan sosial yang merupakan bantuan stimulan pembangunan dan perbaikan rumah sejumlah 53 unit terdiri dari : 10 unit rusak ringan dengan nilai bantuan Rp.2.000.000,00 per rumah 6 unit rusak sedang  Rp.4.000.000,00 per rumah 6 unit rusak berat : Rp.7.500.000,00 per rumah dam 31 unit relokasi dengan nilai bantuan Rp.10.000.000,00 per rumah.

Tak lupa ia mengingatkan hadirin untuk meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan ini, karena bencana dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Kita harus siaga terhadap bencana pergeraan tanah, longsor, angin kencang dan banjir. Semoga hujan yang datang membawa berkah kepada kita semua,” harap Aris.

Sementara itu Bupati Budhi Sarwono, dalam sambutannya berpesan untuk menggunakan dana sesuai dengan ketentuan.

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian para penerima bantuan, saya harap setelah menerima bantuan ini bisa langsung menggunakannya sesuai dengan peruntukan dan kami minta laporan penggunaannya melalui BPBD,” pesan bupati.

Uang Rakyat

Bupati menjelaskan, dana bantuan tersebut adalah uang rakyat dan menjadi hak rakyat, apalagi yang tengah menyandang musibah.

“Ini adalah uang rakyat. Uang dari Panjenengan antara lain lewat pajak. Semoga bermanfaat. Mari kita jaga kesehatan tetap semangat menjalani kehidupan,” imbuhnya.

Sementara itu, Mustakim, warga Desa Gumingsir, salah seorang penerima mengaku sangat terbantu dengan bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, ini sangat berarti, untuk rehab rumah kami yang rusak parah,” ucap Mustakim yang sempat viral karena rumahnya roboh ini penuh syukur. (F12)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini