Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaHumanioraFeaturesHari Anti Narkoba Sedunia 2021

Hari Anti Narkoba Sedunia 2021

fokusbanyumas.id, Features – Penggunaan narkoba dapat memiliki berbagai efek jangka pendek dan jangka panjang, langsung dan tidak langsung. Efek-efek ini sering kali bergantung pada obat atau obat-obatan tertentu yang digunakan, bagaimana cara meminumnya, berapa banyak yang diminum, kesehatan orang tersebut, dan faktor-faktor lainnya. Efek jangka pendek dapat berkisar dari perubahan nafsu makan, terjaga, detak jantung, tekanan darah, dan/atau suasana hati hingga serangan jantung, stroke, psikosis, overdosis, dan bahkan kematian. Efek kesehatan ini dapat terjadi setelah hanya satu penggunaan.

Apa Bahaya Kecanduan Narkoba?

Banyak yang telah ditulis dalam beberapa tahun terakhir tentang bahaya penyalahgunaan dan kecanduan narkoba. Bahaya ini akan bervariasi tergantung pada jenis obat yang digunakan, lama penggunaan, dan banyak faktor lainnya. Satu kesamaan dari banyak bahaya ini adalah bahwa mereka tidak hanya mempengaruhi pengguna tetapi juga memiliki dampak negatif pada orang-orang di sekitar mereka.

Bahaya fisik bagi pengguna meliputi:

  • Mengembangkan toleransi terhadap obat.
  • Gejala penarikan ketika mencoba untuk mengurangi atau berhenti.
  • Masalah kesehatan, seperti detak jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, kerusakan paru-paru, dan kejang.
  • Cedera, baik yang tidak disengaja maupun yang disebabkan oleh diri sendiri.
  • Overdosis.
  • Kematian.

Bahaya juga dapat memiliki konsekuensi sosial, profesional, atau interpersonal. Ini dapat mencakup:

  • Menjadi hamil saat menggunakan narkoba dan membahayakan janin dan bayi baru lahir.
  • Membahayakan hubungan dengan teman dan keluarga.
  • Mengabaikan pekerjaan dan tanggung jawab sekolah.
  • Keterlibatan dalam kegiatan kriminal dan risiko lebih besar menjadi korban kejahatan.

Tema Hari Anti Narkoba Sedunia 2021

“Share Facts On Drugs, Save Lives”
“Berbagi Fakta Tentang Narkoba, Selamatkan Nyawa”

Hari Internasional Melawan Penyalahgunaan dan Perdagangan Gelap Narkoba, atau Hari Narkoba Sedunia, diperingati setiap tanggal 26 Juni setiap tahun, untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai tujuan dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Dan setiap tahun, individu seperti Anda, seluruh komunitas, dan berbagai organisasi di seluruh dunia bergabung dalam perayaan global ini, untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang diwakili oleh obat-obatan terlarang bagi masyarakat.

Bersama-sama, kita bisa mengatasi masalah narkoba dunia!

Apa yang bisa kau lakukan?

Yang harus Anda lakukan adalah #ShareFactsOnDrugs untuk membantu #SaveLives.

Lakukan bagian Anda dan lawan informasi yang salah dengan membagikan fakta nyata tentang narkoba — mulai dari risiko kesehatan dan solusi untuk mengatasi masalah narkoba dunia, hingga pencegahan, pengobatan, dan perawatan berbasis bukti.

1) Ketahui faktanya

2) Hanya bagikan informasi dari sumber terverifikasi, seperti United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC)

Anda  dapat mengakses dan membagikan sumber daya media sosial kami (UNODC) dan mendukung kami dalam mempromosikan fakta tentang narkoba.

Apa yang UNODC Lakukan?

Setiap tahun, UNODC mengeluarkan ‘World Drug Report’, penuh dengan statistik kunci dan data faktual yang diperoleh melalui sumber resmi, pendekatan dan penelitian berbasis sains.

UNODC terus memberikan fakta dan solusi praktis untuk mengatasi masalah narkoba dunia saat ini, dan tetap berkomitmen untuk mencapai visi kesehatan untuk semua berdasarkan sains.

COVID-19 telah membawa kesadaran publik yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang kesehatan, tindakan perlindungan untuk tetap sehat, dan yang paling penting, dan untuk saling melindungi. Tumbuhnya rasa komunitas global dan solidaritas terus muncul, seperti halnya kebutuhan untuk memastikan perawatan kesehatan untuk semua.

Hari Narkoba Sedunia adalah hari untuk berbagi temuan penelitian, data berbasis bukti, dan fakta yang menyelamatkan jiwa, dan untuk terus memanfaatkan semangat solidaritas bersama.

UNODC mengundang semua orang untuk melakukan bagian mereka, dengan mengambil sikap tegas terhadap informasi yang salah dan sumber yang tidak dapat diandalkan; sambil berkomitmen untuk hanya membagikan data nyata yang didukung ilmu pengetahuan tentang narkoba dan menyelamatkan nyawa.

By working together, we can tackle the world drug problem.
Dengan bekerja sama, kita dapat mengatasi masalah narkoba dunia. (F12)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini