Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaRegionalPurbalinggaWaspada! Generasi Muda Jadi Target Paham Radikal dan Intoleran

Waspada! Generasi Muda Jadi Target Paham Radikal dan Intoleran

fokusbanyumas.id, Purbalingga – Menurut Ketua MUI Purbalingga, KH. Roghib Abdurrahman, di Indonesia saat ini mulai berkembang paham intoleran. Paham tersebut, kata dia berkembang dalam kehidupan beragama maupun bermasyarakat.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, paham radikal maupun intoleran sudah merambah ke generasi muda. Oleh karena itu,  perlu dilakukan langkah dan upaya untuk menangkalnya. Terkhusus di wilayah Kabupaten Purbalingga.

“Ciri-cirinya adalah menganggap paham yang dianutnya paling benar dan paham atau ajaran yang dianut orang lain yang tidak sepaham adalah salah,” terangnya, Kamis (24/6/2021) saat menjadi narasumber dalam Webinar Kebangsaan yang dimotori Polres Purbalingga dengan tema Penanggulangan Bahaya Penyebaran Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme, bertempat di salah satu hotel berbintang di Purbalingga.

Sementara itu, Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap, KH. Fahrur Rozi menyampaikan, dalam beragama harus yakin terhadap dasar agama masing-masing. Namun demikian harus tetap menjunjung tinggi toleransi.

“Jadikan pandangan bahwa yang beda jangan disamakan dan yang sama jangan dibedakan. Hal itu sebagai wujud toleransi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit 3 Kamneg Badan Intelejen Keamanan Polri, Kombes. Pol. Heska Wahyu Widodo, SIK, menyampaikan, webinar ini dilaksanakan dengan tujuan menangkal paham radikal di wilayah Kabupaten Purbalingga pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Semoga dalam webinar ini bisa membentengi generasi muda untuk terhindar dari paham radikal,” ucapnya. (F15)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini