Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaNasionalKebijakanWapres: MUI dan Sejumlah Ormas Islam Imbau Takbiran dan Sholat Idul Adha...

Wapres: MUI dan Sejumlah Ormas Islam Imbau Takbiran dan Sholat Idul Adha di Rumah Saja

fokusbanyumas.id, Nasional – Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah organisasi Islam pada MInggu (18/7/2021).

Dalam pertemuan tersebut, seluruh pihak sepakat bahwa pelaksanaan ibadah Idul Adha yang jatuh pada Selasa (20/7/2021) seluruhnya dilaksanakan di rumah.

“Semua ormas Islam merasa bertanggung jawab untuk mencegah itu. Malam ini sepakat untuk membuat pernyataan bersama sebagai satu ketegasan sikap bahwasanya Idul Adha kali ini dengan tetap melaksanakan ibadah tapi memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jiwa manusia sehingga supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja,” kata Ma’ruf.

Sementara untuk penyembelihan hewan kurban, kata Wapres, telah disepakati bahwa kegiatan tersebut dilakukan melalui rumah pemotongan hewan. Kemudian dagingnya pun, ujar Ma’ruf, dibagikan dengan cara diantar langsung dari rumah ke rumah.

“Inilah kesepakatan tersebut dan juga nanti menyelenggarakan takbir nasional secara virtual bersama Presiden, Wapres, dan diinsiasi oleh Menteri Agama,” sambungnya.

Semua langkah itu harus diambil sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Ma’ruf Amin menyebut saat ini Indonesia dianggap sebagai episentrum baru atau pusat penyebaran virus Covid-19 apalagi berkembangnya varian Delta.

“Oleh karena itu semuanya sepakat jangan sampai penyelenggaran Idul Adha ini kemudian menjadi klaster baru yang menambah semakin tingginya tingkat penularan. Semua ormas Islam merasa bertanggung jawab untuk mencoba mencegah itu,” tukasnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh ormas Islam, antara lain Ketua MUI Abdullah Jaidi, Ketua Umum PB Tarbiyah Perti, Basri Bernanada, Ketua PB Matla’ul Anwar Embay Mulya Syarief, dan masih banyak lagi. (F13)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini