Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaHumanioraFeaturesHari Pelaut Sedunia 2021

Hari Pelaut Sedunia 2021

fokusbanyumas.id, Features – International Maritime Organization (IMO) telah memilih untuk menjadikan tahun 2021 sebagai tahun aksi bagi para pelaut, yang menghadapi kesulitan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi COVID-19, terlepas dari peran vital mereka sebagai pekerja kunci untuk rantai pasokan global.

WMD 2021 Banner

Tema Maritim Dunia untuk tahun 2021, “Pelaut: di inti masa depan pelayaran” berupaya meningkatkan visibilitas pelaut dengan menarik perhatian pada peran tak ternilai yang mereka mainkan sekarang dan akan terus mereka mainkan di masa depan.

Fokus pada pelaut datang ketika pandemi COVID-19 telah menempatkan tuntutan luar biasa pada pelaut, dengan ratusan ribu pria dan wanita terdampar di kapal selama berbulan-bulan di luar kontrak asli mereka, tidak dapat dipulangkan karena pembatasan perjalanan nasional. Sejumlah pelaut yang sama tidak dapat bergabung dengan kapal dan mencari nafkah. Krisis pergantian kru yang berlangsung hampir setahun ini merupakan darurat kemanusiaan yang mengancam keselamatan pelayaran (baca selengkapnya di sini).

Sepanjang tahun, Tema Maritim Dunia juga akan menyoroti isu-isu lain yang berkaitan dengan elemen manusia pelayaran, termasuk keselamatan dan keamanan hidup di atas kapal, kesejahteraan pelaut, dan pentingnya memastikan pelatihan yang tepat dan tenaga kerja yang berkualitas, siap menghadapi tantangan dan peluang digitalisasi dan otomatisasi.

Pesan dari Sekretaris Jenderal IMO Kitack Lim

Meluncurkan tema Maritim Dunia, Sekretaris Jenderal IMO Kitack Lim mengatakan lebih banyak Pemerintah harus melangkah untuk mengakhiri krisis perubahan kru (klik di sini untuk teks lengkap).

Membuat Suara Pelaut Terdengar

Sebagai bagian dari upaya untuk menempatkan pelaut di pusat diskusi, IMO telah meluncurkan serangkaian profil di mana pelaut mengekspresikan pandangan mereka tentang pekerjaan mereka dan masa depan pelayaran.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tema Maritim Dunia untuk tahun 2021 juga terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa – khususnya SDG 4 tentang pendidikan dan pelatihan; SDG 8 terkait pekerjaan layak; SDG 9 tentang inovasi dan industri, yang terkait dengan promosi sektor maritim yang tangguh; dan SDG 5 tentang kesetaraan gender, terkait dengan upaya untuk mempromosikan pelayaran sebagai karier untuk semua, termasuk perempuan, khususnya.

Tema 2021 juga merupakan kelanjutan dari, dan terkait langsung dengan, tema 2020 “Pelayaran Berkelanjutan untuk Planet Berkelanjutan” untuk menyoroti peran yang akan dimainkan pelaut dalam memastikan masa depan pelayaran yang berkelanjutan.

Acara Paralel Hari Pelaut Sedunia

Klik di sini untuk Acara Paralel Hari Pelaut Sedunia. (F12)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini