Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaRegionalBanyumasBingkisan Lebaran, Pasien Covid-19 di Banyumas Kembali Melonjak

Bingkisan Lebaran, Pasien Covid-19 di Banyumas Kembali Melonjak

fokusbanyumas.id, Banyumas – Jumlah penderita Covid-19 di Banyumas kembali melonjak seminggu terakhir. Kasus lonjakan dimulai dari ditemukannya klaster taraweh di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor dan Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede, total 51 warga terkonfirmasi positif.

Selanjutnya, disusul klaster serupa di Desa Karangcegak, Kecamatan Sumbang, sebanyak 33 pasien. Teranyar, pada hari ini kembali terjadi peningkatan signifikan pasien Covid-19 di Desa Rawalo, Kecamatan Rawalo sejumlah 16 orang.

“Awalnya ada kedatangan satu keluarga yang pulang merantau dari Jakarta. Kemudian, mereka memeriksakan diri ke Puskesmas Rawalo, ternyata positif terpapar Covid-19. Kemudian, dilakukan penelusuran oleh tim Satgas Covid-19 Kecamatan, yang akhirnya total terdapat 16 warga kami yang positif Covid-19,” ungkap Supyan Saori, Rabu (5/5/2021).

Saat dikonfirmasi, Camat Rawalo, Drs. RM. Koeshartono, M.Hum menyatakan, kasus Covid-19 bermula dari tiga warga yang terdiagnosa positif Covid-19, kemudian tenaga kesehatan dari Puskesmas Rawalo melakukan tracing ke keluarga pasien dan tetangga terdekat, hingga akhirnya 16 orang dinyatakan positif Covid-19.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein mengingatkan peran lingkungan yang harus maksimal, melalui RT atau Dasawisma. RT atau Dasawisma wajib melakukan pengontrolan kepada warga yang mudik. Dia menekankan warga luar Banyumas yang tetap mudik harus bebas Covid-19 dengan menunjukkan sertifikat Anti Gen hari itu.

Hal tersebut berkenaan dengan kebijakan pemerintah yang masih memperbolehkan mudik sebelum H-7 lebaran dan setelah H+7 lebaran.

Dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada libur lebaran 2021 ini, Pemkab Banyumas juga mengeluarkan kebijakan pengetatan di setiap perbatasan Kabupaten Banyumas. (F15)

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini