Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaRegionalCilacapMaksimalkan Eduwisata Bakau, Kelompok Kolak Sekancil Sediakan Home Stay

Maksimalkan Eduwisata Bakau, Kelompok Kolak Sekancil Sediakan Home Stay

fokusbanyumas.id, Cilacap – Sebagai upaya memaksimalkan fasilitas di loka wisata edukasi atau edu wisata bakau di Kolak Sekancil Kecamatan Kampung Laut Cilacap, loka wisata tersebut menghadirkan layanan home stay.

Ketua kelompok Krida Wana Lestari Maryono kepada RRI Senin (11/10/2021) mengatakan, saat ini eduwisata tersebut memberikan paket untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan home stay di kampung laut.

Saat ini, kami sudah memberikan paket homestay sekalian tiket kepada wisatawan, jadi bagi mereka yang ingin menginap bisa memesan melalui kami, ungkapnya.

Selain itu, kondisi wilayah yang terpisah oleh segara anakan, membuat akses di loka wisata tersebut mengharuskan wisatawan memakan cukup banyak waktu, sehingga menurut Maryono, penambahan fasilitas homestay sangat diperlukan.

Wilayah eduwisata bakau di Kolak Sekancil tersebut, memang sering dikunjungi wisatawan, khususnya bagi peneliti-peneliti dari berbagai akademisi luar daerah. Menurut pengakuan Maryono, saat ini eduwisata bakau Kolak Sekancil merupakan wisata hutan bakau dengan spesies terlengkap.

Mayoritas wisatawan berasal dari akademisi, ada dari LIPI, dan berbagai Universitas bahkan terkadang ada mancanegara, bakau disini kan terlengkap untuk spesiesnya, ungkapnya.

Selama ini, Maryono beserta kelompoknya memang aktif dalam membudidayakan bakau untuk menghijaukan kampung laut. Tercatat Maryono dan kelompoknya telah menanam bakau dan menghijaukan di lahan seluas kurang lebih 185 hektar.

Kelompok Konservasi Maryono juga memiliki berbagai bidang masing-masing. Ada yang bergerak di pengembangan produk olahan bakau, ada di wisata edukasi, da nada juga yang mengkonservasi pembibitan bakau untuk dijual dan didonasikan ke berbagai wilayah sebagai upaya pencegahan abrasi dan menjaga ekosistem. (F12)*

Sisi Lain

Berita Populer

error: Konten ini tidak bisa di copy !!
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi kami disini